Thursday, October 18, 2012

Jenis Epilepsi Yang Bisa Dioperasi


Yayasan Epilepsi Indonesia

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Yth. Tim Dokter Yayasan Eplepsi Indonesia

Selamat Pagi,
Nama saya Taufik dari pekanbaru ingin menyakan tentang anak sya yang saat ini usianya 7 tahun didiagnosa epilepsi motorik (motor sizure) atau lobus frontal. Saat ini anak sya belum mium obat medis dan berencana akan menggunakannya. Yang ingin saya tanyakan adalah :


1. Apakah jenis epilepsi anak saya jenis yang bisa sembuh dengan obat atau tidak ?

2. Apakah opsi operasi bisa dilakukan untk jenis epilepsi anak saya ?

Atas tanggapan dari Dokter YEI saya ucapkan terima kasih

Salam


Taufik

--------------------------------------------------------------
Jawaban :
-          Dr. Fitri O. Sumantri,SpS


-          Yth. Bpk. Taufik
-           
-          Saya mencoba menjawab pertanyaan bapak :
-           
1. Apakah jenis epilepsi anak saya jenis yang bisa sembuh dengan obat atau tidak ?
Jawab:
Epilepsy lobus frontal adalah salah satu jenis epilepsi parsial. Untuk memprediksi apakah serangan kejang dapat terkontrol tergantung dari:
a. Apakah ada kelainan struktural otak yang terlihat pada CT scan stay MRI. Jika ada kelainan struktural, maka kemungkinan risiko berulangnya kejang besar, apalagi jika tidal menggunakan obat.
b. kecocokan pemilihan obat dan dosis terhadap jenis kejang.
c. Apakah ada factor pemicu yang membangkitkan kejang? Jika faktor pemicu tidak dapat dikontrol, maka kecil kemungkinan terkontrolnya kejang.
d. Kepatuhan minus obat. 



2. Apakah opsi operasi bisa dilakukan untk jenis epilepsi anak saya ?
-          Operasi pada epilepsi dilakukan pada jenis epilepsi yang parsial dan jika ada kelainan struktural otak yang terbukti menyebabkan kejang. Keberhasilan Operasi paling tinggi pada jenis epilepsi lobus temporal yaitu terdapatnya sklerosis hipokampus.
-           Pada epilepsi lobus frontal juga dapat dilakukan operasi jika memang terbukti terdapat kelainan struktural di tempat yang sama dengan fokus epileptik yang terlihat pada EEG.
Harus dilakukan evaluasi yang lebih dalam untuk memastikan apakah jenis epilepsi yang dialami anak bapak dapat dilakukan tidakan Operasi.
-           
-          Demikian jawaban saya. Semoga dapat bermanfaat.
-           
-           
-          Wass,
-          Fitri

No comments:

Post a Comment